Langkah-langkah dalam kegiatan
penilaian secara umum dapat kita urutkan sebagai berikut:
1.
Perencanaan
Langkah perencanaan sebagai langkah persiapan umum untuk melakukan suatu
penilaian, termasuk didalamnya:
a. Merumuskan
kriterium (termasuk di dalamnya membatasi scope yang akan dievaluasi).
b. Menentukan
bentuk-bentuk penilaian yang mungkin dapat dipergunakan.
c. Menentukan
time schedule berapa kali kita harus mengadakan penilaian dalam setahun atau
dalam setiap semester.
2.
Pengumpulan Data
Langkah dalam pengumpulan data adalah sebagai berikut:
a. Menentukan
data apa saja yang kita butuhkan untuk melakukan tugas penilaian. Dalam
menentukan jenis data, yang perlu diperhatikan antara lain:
1) Tujuan
sekolah/tujuan kurukulum;
2) Aspek-aspek
pribadi anak yang akan dievaluasi.
b. Menentukan/memilih
bentuk atau jenis alat penilai manakah yang akan dipergunakan.
c. Pelaksanaan
pengumpulan data atau pelaksanaan kegiatan yang sebenarnya.
3.
Verivikasi Data
Data yang telah terkumpul sebelum diolah harus disaring atau diteliti
terlebih dahulu, mana yang baik yang berarti benar-benar dapat membantu
tercapainya tujuan evaluasi dan mana yang tidak baik.
Biasanya data yang perlu diverifikasi adalah data yang berasal dari
sumber kedua dan ketiga. Sedangkan data yang diperoleh dari sumber pertama
meskipun ada kekurangan-kekurangannya, dapat kita anggap data yang baik,
asalkan dalam pengumpulannya dilakukan dengan baik dan menggunakan alat
evaluasi yang baik pula.
4.
Pengolahan Data
Data yang telah terkumpul kemudian diolah sehingga merupakan suatu
informan yang dapat berbicara kepada kita. Tehnik pengolahan data ada
bermacam-macam, tergantung kepada sifat dan jenis data yang akan kita
kumpulkan. Antara data yang bersifat kualitatif dan kuantitatif harus
dibedakan.
5.
Penafsiran Data
Setiap
pengolahan data dalam evaluasi bermaksud untuk memperoleh suatu penafsiran atau
kesimpulan terakhir dari proses penilaian yang dijalankan.
0 komentar:
Posting Komentar